“Percayalah, memiliki banyak ide tidak akan
membuat Anda sukses besar!”
Apakah ada diantara para sobat Studentpreneur yang memiliki satu
ide brilian dan percaya bahwa itu akan menjadi tiket menuju kesuksesan? Tidak
buruk, tapi lebih baik jangan berpikir untuk menambah lagi koleksi ide
brilianmu. Apalagi karena Anda menganggap ide tersebut sangat penting sehingga
Anda simpan sendiri sampai-sampai tidak ingin orang lain tahu ide bisnis
tersebut. Wah itu adalah kesalahan terbesar bagi setiap orang yang ingin sukses
besar.
Bagi penggemar novel dan film Harry Potter, pasti sudah tidak
asing mendengar nama J.K. Rowling. Sebelumnya bekerja sebagai sekretaris ketika
di tengah perjalanan menuju London, tiba-tiba muncul ide-ide fantastis yang
kemudian berhasil dituangkan ke dalam bentuk novel. Mencoba menawarkan novelnya
ke banyak penerbit di Inggris, tapi ditolak berkali-kali sampai jatuh miskin.
Namun hal tersebut membuatnya kehabisan akal untuk mencoba berbagai cara baru
dalam menjual tulisannya sampai akhirnya ada satu penerbit yang mau menerima
tulisannya. Dari situlah akhirnya Harry Potter mulai dikenal masyarakat dan
kisah kesuksesannya pun dimulai.
Jika Anda ingin sukses, memang memiliki ide adalah sebuah
keharusan. Namun, memiliki ide yang kedengarannya sangat fantastis pun belum
tentu dapat menjamin kesuksesan seseorang. Sejarah telah membuktikan bahwa
kebanyakan perusahaan yang meraih kesuksesan besar bukanlah perusahaan yang
menemukan sesuatu pertama kali. Google bukanlah mesin pencari pertama. Begitu
juga dengan Facebook yang bukanlah jejaring sosial pertama yang muncul di dunia.
Perlu diketahui bahwa ketika Anda memiliki ide cemerlang, ada
kemungkinan bahwa bukan hanya Anda saja yang memiliki ide tersebut. Di dunia
yang dihuni miliaran orang ini, tidak mungkin setiap orang tidak dapat
memikirkan hal yang sama. Selain itu, perkembangan jaman juga semakin pesat
sehingga inovasi pun makin banyak bermunculan.
Lalu bagaimana perusahaan-perusahaan seperti Google atau Facebook
bisa sukses besar? Jawabannya adalah eksekusi. Apakah Anda dapat bekerja lebih
keras dan lebih baik daripada orang lain? Apakah Anda dapat terus mengembangkan
produk tersebut? Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi kesuksesan seseorang
dalam membangun perusahaan, namun pada intinya sebenarnya berbicara mengenai
eksekusi.
Beberapa ilustrasi yang telah diceritakan diatas tadi sebenarnya
menggambarkan bahwa mereka bisa sukses semata-mata bukan hanya karena ide
mereka, melainkan kegigihan mereka untuk mencoba mengeksekusi ide mereka
sehingga sukses. Mereka sebenarnya tidak memiliki banyak ide, hanya satu saja
ide yang mereka percaya dapat membuat mereka sukses, lalu selanjutnya setiap
tindakan eksekusi yang mereka lakukan terhadap ide tersebutlah yang membuat
mereka menuju kesuksesan.
Jadi,
ide bukan jaminan kita akan sukses, namun juga bukan berarti ide itu tidak ada
harganya. Ide itu juga memiliki harga, hanya saja sangat rendah harganya.
Karena itulah jangan lagi terlalu mendewakan ide. Ketika Anda sudah mendapatkan
ide cemerlang, segeralah eksekusi jika ingin cerita kesuksesan Anda
dimulai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar